Wednesday, April 19, 2023

RM. Pondok Kenanga, Tempat Resepsi Pernikahan Budget Minimalis di Bekasi


Bagi kamu yang saat ini sedang nyari tempat untuk mengadakan acara lamaran atau pesta pernikahan dengan budget minimalis di daerah Bekasi, aku mau rekomendasi RM. Pondok Kenanga.

Ini adalah suatu restoran yang menyediakan makanan enak, ruangan semi outdoor dengan dekorasi dan taman cantik serta berbagai fasilitas lain untuk paket pernikahan dengan harga yang terjangkau.

Aku dan pasangan bersyukur sekali dapat info tentang resto ini dari salah satu teman gereja. Saat itu kami sedang dilanda kegalauan mencari tempat untuk acara pernikahan. 

Saat mempersiapkan pernikahan, aku dan pasangan sepakat untuk mengadakan resepsi pernikahan yang sederhana dan kekeluargaan. Hal ini karena kami tidak ingin berutang untuk sesuatu yang konsumtif. 

Menggelar suatu pesta pernikahan yang mewah dan mengesankan para hadirin mungkin jadi impian banyak pasangan. Beberapa orang tak segan-segan untuk menggelontorkan banyak dana untuk mewujudkan keinginan itu. Tak jarang pasangan itu bahkan berutang hanya untuk pesta satu hari saja.

Begitupun dengan kami. Saat mempersiapkan pernikahan rasanya ingin serba wah. Namun karena kami sadar kemampuan dana kami terbatas dan setelah menikah akan banyak kebutuhan lain, maka kami berusaha menyesuaikan antara keinginan dan konsep resepsi kami dengan budget yang ada.

Tapi walaupun budgetnya terbatas, kami tak ingin moment bersejarah itu dibuat asal-asalan di tempat yang juga ala kadarnya. Kami tetap ingin suatu tempat yang indah, acara yang berkesan dan membawa sukacita bagi kami, keluarga dan para undangan. 

Kami ingin melangsungkan pemberkatan dan resepsi pernikahan di satu tempat sekaligus, agar menghemat biaya transport dan hemat waktu juga. 

Sebelumnya ada 2 lokasi resto yang sudah kami survey yang punya paket wedding yang harganya sekisaran budget yang kami tentukan. Tapi menurutku, tempatnya terkesan terlalu sempit dan tertutup. Rasanya kalau tempat se kecil itu, orang-orang akan bosan dan kurang nyaman.

Aku ingin suasana yang lebih lega, di alam terbuka dan berdekorasi cantik. Tapi dengan jumlah budget yang kami tentukan, agak sulit mencari yang seperti itu. Sampai akhirnya kami dapat info tentang RM. Pondok Kenanga ini. Kami pun bersegera survey setelah janjian via WA dengan PIC nya.

Rumah Makan Pondok Kenanga ini berlokasi di pusat Kota Bekasi, di Jl. Kenanga Raya Nomor 9, Jakasampurna,  Bekasi Barat. Berada di dalam komplek, belakang masjid Al Azhar Jakasampurna. Lokasinya yang jauh dari jalan raya membuat suasananya terasa damai dan  tenang.

Di bagian gerbang depan terdapat area parkir yang cukup luas, dan memasuki area menuju restoran terdapat beberapa saung beraneka ukuran di sebelah kiri dan kanan jalan masuk ke aula. Di dekat area saung itu ada taman bermain anak, kamar mandi dan mushola. Suasananya cukup asri. 

Saat itu di area aula sedang ada acara wedding, tapi saung-saung di luar tetap terbuka untuk umum. 

Jadi kami duduk di saung itu dan memesan makanan. Makanannya sejenis Chinese food gitu. Rasanya enak dengan harga yang termasuk murah.

Ci Ida, pengelola RM Pondok Kenanga menyambut kami dengan ramah dan menjelaskan paket wedding yang tersedia serta syarat-syaratnya. Dia menjelaskan dengan cukup detail seolah sudah tau apa yang kami ingin tau.

Setelah itu Ci Ida mengajak kami berkeliling untuk melihat ke area lokasi aula dimana sedang berlangsung acara pernikahan salah satu client mereka. Dia menjelaskan tata letak hidangan utama dan menu pondokan serta ruangan-ruangan apa saja yang bisa digunakan untuk paket wedding yang akan kami ambil. 

Saat itu aku takjub karena area aula ini ternyata cukup luas, nyaman, tertata dengan asri dan cantik. Ada taman dan kolam ikan serta satu rumah kayu yang khusus untuk digunakan pengantin dan keluarga. Disini bisa untuk make up sebelum acara, ganti baju, re touch make up atau istirahat sebelum sesi acara berikutnya.

Aula ini biasa disewakan untuk acara keluarga seperti pernikahan, lamaran, arisan, ulang tahun dan sebagainya.

Saat itu sistem yang berlaku, untuk pemesanan 300 porsi, dapat gratis sewa gedung di sekitar area aula plus rumah kayu. Untuk pemesanan 400 porsi keatas gratis sewa satu restoran mulai dari area aula sampai saung-saung yang di luar selama 4 jam. Jadi kita hanya bayar biaya makanan saja. Tempatnya gratis.

Ada 3 pilihan menu utama yang harganya bervariasi sesuai dengan jenis makanan yang dipilih. Ada paket Rp 75.000/pax, ada yang Rp 80.000/pax dan Rp 85.000/pax. Tersedia juga beragam pilihan untuk menu pondokan.

Ci Ida yang sudah terbiasa menghandle urusan wedding ini juga memberikan kami saran-saran apa saja yang harus diperhatikan saat memesan makanan.

Ci Ida menyarankan kami sebaiknya hanya perlu memesan menu utama sejumlah 75% saja dari total undangan karena masih ditambah menu pondokan. Karena kemungkinan ada tamu yang tidak datang sehingga makanan tidak mubajir.

Ci Ida ini sangat detail menjelaskan tentang paket wedding itu. Dia orangnya serius dan menangani pelanggan dengan cukup professional dan penuh niat baik. Aku jadi merasa nyaman dan yakin bahwa pengelola resto ini bisa dipercaya untuk membuat acara pernikahan impian kami berjalan dengan baik.

Beberapa saat kemudian, kami mengirimkan DP sekitar 1 juta untuk mengikat pesanan pada tanggal yang kami pilih. 

Setelah membayar DP, kami diberi kesempatan untuk food test gratis. Dalam food test ini diberikan makanan untuk 4 porsi sesuai dengan paket menu yang kita telah pilih. Saat test food ini kita masih bisa mengubah menu pesanan bila dirasa perlu.

Pada Februari 2020, acara pernikahan kami  berjalan lancar dan aku bahagia sekali pada hari itu. 

Saat itu acaranya pagi, mulai jam 10.00 WIB-12.00 WIB acara pemberkatan nikah di gedung utama, setelah itu acara resepsi berlangsung dari jam 12.00 WIB-14.00 WIB. Agak molor sih waktunya sekitar satu jam tapi ternyata kami tak perlu bayar biaya tambahan.

Para  undangan yang datang berkata tempatnya bagus dan makanannya enak-enak. Walaupun resepsinya sederhana saja tapi cukup berkesan.

Nah, sekarang biarkan foto yang berbicara...

Ini di area pintu masuk ke aula, tempat penerima tamu. Disediakan meja dan kotak amplop.

 
Ini di area pelaminan, sudah didekorasi bunga-bunga cantik


Sesi foto bersama keluarga di area pelaminan

Saat acara mingle. Senang banget dengan konsep minimalis kekeluargaan yang kami adakan. Yang datang adalah keluarga dan teman dekat dan suasananya begitu hangat

Acara lempar boneka yang cukup seru

Ini di ruangan yang tadi buat pemberkatan. Saat akan mulai resepsi, staf di RM. Pondok Kenanga dengan sigap segera mengubah tatanan kursi yang tadinya di tengah jadi dipinggirin.

Memasuki ruangan resepsi dengan tarian yang diiringi lagu "Beautiful In White" nya Shane Filan. Lagu wajib setiap wedding ini kayaknya ya. hehe

Habis retouch make up di rumah kayu, siap-siap untuk masuk ke ruang resepsi.

Acara pemberkatan pernikahan oleh pendeta dari gereja.

Pada saat acara pemberkatan nikah, di ruangan utama ini disusun kursi-kursi dan meja di depan untuk pendeta yang memberkati.

Disediakan keyboard untuk mengiringi lagu di acara pemberkatan dan resepsi.

Ini satu ruangan terbuka di sekitar aula yang kami gunakan untuk sejenis penjelasan singkat dari pendeta kepada kedua belah pihak keluarga besar terkait bagaimana acara pemberkatan akan berlangsung.

Saat adik iparku nikah tahun 2021, kami juga merekomendasikan resto ini dan mereka mengikuti saran kami. Mereka resepsinya sore dan suasana sore juga ternyata cukup bagus. Banyak lampu-lampu hias nya di sekitar taman.


Oya, bagi anda yang beragama muslim, tidak usah khawatir karena RM. Pondok Kenanga ini sudah bersertifikat Halal MUI yang tertera di buku menunya.

Jadi menurutku tempat ini sangat recommended.


No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...