Sunday, April 16, 2023

Menikmati Kuliner Khas Sibolga dengan View Pantai di Tolkit Pandan


Setiap kali aku mudik ke Sibolga, agenda wajib selain wisata kuliner adalah wisata pantai. Ada banyak pantai di Sibolga dan sekitarnya yang indah-indah. Salah satunya adalah pantai Pandan. 

Pantai Pandan terletak di pesisir Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Saat aku mudik tahun 2022, pantai sekaligus tempat kuliner yang lagi nge-hits di Sibolga adalah Pantai Tolkit Pandan. Lokasinya masih berada di sepanjang pantai Pandan. 

Disebut Tolkit Pandan mungkin untuk memudahkan bagi pengunjung untuk mengetahui titik lokasinya. Tolkit adalah nama Toko yang ada di pinggir jalan utama yang disampingnya ada gang kecil untuk masuk ke area pantai.


Walaupun masuk dari gang kecil, tapi ternyata kawasan kuliner di Tolkit cukup luas.

Di tempat ini berjejer rumah makan dengan menu ciri khas Sibolga. Ada ikan panggang paccak, ikan sombom, ikan dan cumi gulai kuah kental, udang goreng, rendang jengkol, bubur sumsum, kolak, mie gomak, kue talam dan sebagainya. 

Menu khas Sibolga ini agak mirip hidangan Padang tapi tetap ada ciri khasnya. 

Sebagai daerah pesisir, penduduk Sibolga terdiri dari berbagai suku. Ada Padang, Batak, Nias, Mandailing, juga etnis Tionghoa dan suku lainnya. Mungkin kuliner Sibolga rasanya begitu khas karena merupakan perpaduan dari berbagai budaya itu. 

Setiap warung makanan itu menyediakan pondok-pondok untuk pengunjung menikmati hidangan dengan view pantai. 

Ketika itu kami tiba di tempat ini pada saat jam makan siang, jadi lumayan ramai. Kami memilih satu rumah makan yang pondoknya lebih lega dan nyaman, namanya Rumah makan Pasir Putih. 

Rumah makan Pasir Putih ini merupakan rumah makan yang cukup besar di area Tolkit. Menyediakan aneka hidangan khas Sibolga, termasuk ikan bakar dan banyak pilihan menu lainnya. 

Selain menyediakan pondok-pondok, di rumah makan ini ada juga beberapa meja makan untuk pengunjung. Tersedia parkiran yang lumayan luas dan toilet plus kamar mandi untuk bilas bila selesai berenang. 


Kami memesan ikan panggang Paccak yang ternyata disajikan bersama beberapa hidangan lain yang satu paket dengan menu ikan bakar tersebut. Ada sayuran, sambal dan lain-lain. Harganya cukup terjangkau untuk paket selengkap ini. Rasa makanan plus suasana di tempat ini sangat enak. 

Setelah makan kami main di tepi pantai. Airnya tenang dan ombaknya tak terlalu besar. Jadi aman untuk berenang juga. 



Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah pantai berwarna putih bersih, hamparan laut berwarna hijau kebiru-biruan yang cukup jernih dipercantik oleh kehadiran awan biru yang cerah.


Menjelang sore, aku juga memesan kopi dan beberapa jajanan khas Sibolga dari warung lain yang rasanya juga enak-enak dan harganya terjangkau. 


Kalau kamu mau liburan ke Sibolga, wisata Tolkit ini sangat recommended menurut aku. Dapat kulinernya, dapat pantai indahnya juga. 

Cocok untuk datang sendiri untuk me time, cocok datang bersama pasangan untuk quality time, cocok juga untuk wisata bersama keluarga untuk family time.



No comments:

Post a Comment

Allow God to Bless You – Menerima Berkat Tuhan dengan Sukacita

Accept gratefully “ When we give cheerfully and accept gratefully, everyone is blessed .” – Maya Angelou Aku punya tetangga, seorang wanit...