Thursday, March 23, 2023

Jalan-jalan ke Perpustakaan Cikini Jakarta Bersama Balita


Beberapa minggu yang lalu saya, suami dan anak kami yang masih balita jalan-jalan ke Perpustakaan Cikini Jakarta. 

Aku tertarik ke tempat ini setelah melihat review seseorang di Instagram yang menampilkan video singkat mengenai tempat ini. 

Aku dan suami emang suka baca buku,  tapi bukan hanya itu yang membuatku tertarik kesini. Ternyata di sini tersedia juga tempat membaca dan bermain untuk anak. Wah, Cocok banget nih jadi destinasi piknik akhir pekan bersama keluarga.

Perpustakaan Jakarta Cikini terletak di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Perpustakaan ini terdiri dari 3 lantai, mulai dari lantai 3 hingga lantai 6. Tepatnya berada di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. 

Tempat ini termasuk strategis karena bisa diakses melalui berbagai pilihan transportasi. Bisa naik KRL, bisa naik Transjakarta, dan bisa juga naik JakLingko.

Perpustakaan ini buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB. Setiap hari alias Sabtu Minggu juga buka. Kami kesini pada hari Sabtu pagi menjelang siang.

Saat ini jumlah pengunjung masih dibatasi sampai 300 pengunjung. Karena itu disarankan untuk daftar online terlebih dahulu untuk menghindari udah jauh-jauh datang tapi malah tak bisa masuk karena quota penuh. 

Untuk mendaftar sebagai anggota Perpustakaan Jakarta bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Jaklitera. Setelah pendaftaran berhasil, kita akan mendapatkan QR Barcode untuk ditunjukkan saat kita datang ke perpustakaan. Pendaftarannya gratis tis!

Namanya juga Perpustakaan Jakarta, perpustakaan ini terbuka bagi warga yang ber KTP DKI Jakarta. Bagi kamu yang KTP non-DKI Jakarta boleh menggunakan surat keterangan domisili atau  surat keterangan bekerja/bersekolah di Jakarta.

Setelah terdaftar sebagai anggota, kamu bisa meminjam buku di perpustakaan ini. Gratis. Maksimal peminjaman dalam satu waktu adalah dua  eksemplar selama 14 hari. Peminjaman bisa diperpanjang sebanyak satu kali berlaku selama 14 hari dari tanggal jatuh tempo peminjaman pertama.

Peminjaman dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Jaklitera atau dengan mengunjungi perpustakaan secara langsung. Pengambilan buku tidak dapat diwakilkan ya, hanya boleh diambil atas nama peminjam.

Letak perpustakaan yang ada ruang bermain anak ada di lantai 4. Untuk masuk ke ruangan, kita perlu menunjukkan barcode yang tadi sudah kita dapat saat mendaftar. Petugas perpustakaan akan scan barcode tersebut dan mempersilahkan pengunjung untuk menitipkan barang ke loker yang tersedia. 

Pengunjung hanya diperbolehkan membawa barang penting seperti dompet, gadget dan alat tulis. Pengunjung diminta membawa barang bawaan dengan tas transparan yang didapat dari petugas.

Ketika kami tiba, tempat pertama yang kami tuju adalah ruang bermain anak. Yah..prioritas orang tua yang baik adalah bikin anak happy. Tapi ternyata ruang ini sudah ramai dan ruang bermain ini memang tidak begitu luas. Ruang bermain anak ini berada agak jauh dari ruang membaca dan tertutup.

El di ruang bermain anak


Kemudian kami menuju ruang membaca anak dan umum. Di ruangan ini terdapat karpet yang luas warna warni dan beragam koleksi buku untuk anak berbagai usia.


Ruang baca umum dan anak

 Berbagai jenis buku juga tersedia di tempat ini, tapi ternyata tak semua boleh dipinjam untuk dibawa pulang. Beberapa buku hanya boleh dibaca di tempat.  

Mungkin karena jumlah pengunjung, maka suasana di perpustakaan ini lumayan tenang. Cocok untuk para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas sekaligus mencari referensi. Cocok untuk keluarga yang ingin jalan-jalan bersama anak balita.

 

 


No comments:

Post a Comment

Pengalaman Menulis dan Menerbitkan Buku untuk Pertama Kali - The Worthy Single Lady

The Worthy Single Lady adalah buku solo pertama yang aku tulis. Berkisah tentang perjalanan hidupku ketika masih lajang, menghadapi berbag...