Sunday, April 9, 2023

Wisata Air Terjun Efrata di Samosir, Cocok Dikunjungi Bersama Balita


Saat akan traveling bersama anakku yang masih balita, aku jarang memasukkan wisata air terjun ke dalam list tujuan. 

Biasanya kan jalan menuju air terjun itu cukup sulit. Perlu jalan jauh, kadang harus mendaki, menurun dan bisa-bisa jalannya licin dan di sekitar air terjun biasanya dingin banget. Jadi menurutku kurang cocok bawa balita.

Saat kami liburan ke Pulau Samosir, Sumatera Utara pun aku tak ingin ke air terjun walaupun terdapat banyak objek wisata air terjun yang keren di sini. 

Namun saat kembali dari daerah Bukit Holbung, kami melewati daerah menuju Air Terjun Efrata dan supir mobil rental menyarankan kami untuk mampir, katanya bagus. Jadi kami setuju untuk mampir.

Pemandangan sepanjang jalan menuju ke daerah air terjun adalah pegunungan dan hamparan sawah hijau yang terdapat batu-batu besar berwarna hitam di sekitarnya. Cukup indah dan unik. 

Tak butuh waktu lama untuk tiba di area air terjun. Kami menuju area parkir dan bayar tiket masuk yang hanya 7.000/orang. Setelah itu jalan menuju air terjun.


Di luar dugaan, ternyata letak air terjunnya tak jauh dari tempat parkir itu. Hanya beberapa langkah saja. Tidak sulit seperti menuju lokasi air terjun kebanyakan.

Menuju air terjun juga jalannya sudah ditata dengan baik dan dibuat tangga yang aman dan kokoh. Dan terdapat tembok di samping air terjun untuk penahan tebing.


Air terjunnya cukup tinggi dan menghampar melebar cukup indah dan menyejukkan. Di bawah air terjunnya terbagi dua bagian, yang dibatasi oleh batu-batu besar. Ada bagian yang dalam dan ada bagian yang tidak dalam yang aman untuk anak bermain air. Airnya lumayan dingin dan segar. Pepohonan, serta kesejukan udara menjadi pelengkap keindahan berwisata ke Air Terjun Efrata.

Di sekitar air terjun juga tersedia toilet dan gajebo untuk pengunjung bersantai sambil memesan makanan.

Aku senang kami memutuskan untuk mampir kesini. Anak juga happy bermain air. 

Sekian sekilas info. Semoga bermanfaat..



No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...