Wednesday, April 19, 2023

7 Manfaat Menyusun Itinerary Untuk Liburan Keluarga


Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan. Hal ini berlaku juga dalam hal perjalanan wisata. Apalagi bila mencakup banyak peserta dengan keinginan yang beda-beda seperti traveling bersama keluarga. 

Traveling bersama keluarga merupakan suatu moment menyenangkan. Biasanya bikin kita sangat excited. Namun excited saja tidak cukup, perlu ada persiapan agar liburanmu lancar dan berbuah happy.

Persiapan ini bisa dimulai dengan menyusun itinerary. Itinerary adalah rencana perjalanan beserta estimasi biaya yang dibutuhkan selama liburan. Mencakup daftar destinasi tujuan, jadwal kegiatan harian, transportasi, akomodasi, hingga konsumsi.

     Hal ini sangat penting bila kamu traveling dengan jumlah dana dan hari libur yang terbatas. 

     Apa saja sih manfaatnya menyusun itinerary? Yuk simak berikut ini:

    Membuat Liburan Lebih Efisien


Adanya daftar kegiatan selama liburan, membuat  kamu bisa memanfaatkan waktu liburan dengan efisien. 

Kamu juga punya gambaran akan objek wisata apa saja yang menarik di daerah itu untuk dikunjungi.

Setibanya di tempat tujuan, kamu bisa langsung melakukan kegiatan sesuai itinerary. Tak perlu buang-buang waktu untuk bingung, mau kemana ya? Atau mau makan dimana ya? Karena hal ini sudah kamu rencanakan sebelumnya.

  

   Memperhitungkan dan Mengelola Biaya


Berdasarkan tujuan wisata dan daftar kegiatan tersebut, kamu juga bisa memperhitungkan perkiraan biaya yang dibutuhkan selama liburan. Mulai dari transportasi, makan, minum, penginapan, tiket masuk objek wisata, oleh-oleh bahkan biaya tidak terduga yang mungkin muncul. 

Kamu juga lebih mudah mengelola uang selama liburan karena dana yang ada sudah jelas alokasinya masing-masing. Jadi akan menghindarkan kamu gelap mata saat belanja atau kehabisan uang di tengah liburan.

Hal ini sangat penting bila budgetnya terbatas. Kalau sultan mah bebas. Hehe

    Menghemat Waktu Perjalanan


Bila kamu mau menuju beberapa objek wisata di suatu kota, maka perlu  memperkirakan jarak, rute dan durasi perjalanan dari satu objek wisata ke tempat berikutnya. 

Dengan perhitungan itu kamu bisa menentukan sebaiknya dari mana dulu yang rutenya searah. Sehingga tidak muter-muter atau bolak balik dan buang banyak waktu.


    Memudahkan Urusan Packing


Kalau sudah tau liburan mau kemana aja dan kegiatannya apa saja, maka kamu pun akan lebih mudah mempersiapkan apa yang akan dibawa. 

Berapa baju yang perlu dibawa, sepatu jenis apa yang akan nyaman dipakai, perlu bawa baju renang atau nggak, perlu bawa baju hangat atau nggak dan pertimbangan lain. 

Jadi kamu bisa lebih mudah packing. Tak bawa barang terlalu banyak yang ternyata tak dibutuhkan.

   

    Menyatukan Persepsi Peserta Wisata


Istilah rambut sama hitam, isi hati siapa yang tau? Dengan bikin itinerary, masing-masing peserta traveling bisa menyampaikan keinginannya mau kemana aja dan ngapain aja selama liburan. 

Misalnya bapak ingin wisata kuliner, ibu ingin wisata belanja, anak pertama ingin ke museum, anak kedua ingin renang. Semua keinginan ini bisa diatur jadwalnya mau yang mana dulu. 

Meminimalisir Drama


Contoh, Saat istri ditanya mau makan dimana, jawabnya "Terserah" ini berpotensi bikin drama.

Drama dalam traveling sering terjadi bila masing-masing peserta alih-alih berkomunikasi tapi malah berasumsi.

Berpikir bahwa orang lain pasti mengerti keinginannya tanpa dibicarakan. Saat orang lain tidak melakukan sesuai harapan, dia kesal. Diam sepanjang jalan dan bikin suasana jadi muram.

Bikin itinerary akan meminimalisir drama yang tidak perlu.


    Membuat Liburan Lebih Tenang


Selama menyusun itinerary, kamu tentu perlu baca banyak referensi terkait tempat wisata, penginapan, makanan, budaya dan informasi lain termasuk harga-harga yang wajar.

Hal ini tentu bikin kamu lebih tenang dan tidak perlu panik. Misalnya mengetahui jadwal terakhir bus akan bikin kamu tenang menunggu bila tau masih akan ada bus berikutnya.

 

Tentu saja itinerary tidak menjamin perjalanan akan lancar tanpa masalah. Itinerary hanya sebagai panduan untuk membuat perjalanan kamu terorganisir dengan baik sehingga bisa hemat waktu, hemat biaya dan hemat energi.

Kamu bisa tetap fleksibel menyesuaikan kondisi dan memilih mana jadwal kegiatan yang perlu diskip, digeser atau dikurangi waktunya bila diperlukan.

Yuk siap-siap liburan seru bersama keluarga!

 

No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...