Friday, April 21, 2023

6 Langkah Menyusun Itinerary Perjalanan Wisata


Sebelum mengerti pentingnya bikin itinerary untuk liburan, aku beberapa kali harus mengalami masa liburan yang mengecewakan. Kenyataan tak sesuai harapan. 

Tadinya pengen ke suatu objek wisata, tapi karena tak punya persiapan info dan dana yang jelas, akhirnya hanya jadi wacana.

Setelah membiasakan bikin itinerary, perjalanan travelingku jadi lebih maksimal dan memuaskan. 

Apakah kamu juga sudah terbiasa membuat itinerary sebelum liburan? Apa saja sih yang perlu diperhatikan saat menyusun itinerary? 

Berikut ini beberapa langkah-langkah menyusun itinerary versi aku. 

Membuat gambaran umum

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat gambaran umum traveling yang mencakup daerah tujuan wisata, anggaran dana, jumlah peserta dan berapa lama akan liburan. 

Misalnya kamu ingin traveling ke Jogja dengan budget 10 juta, terdiri dari 3 orang peserta, selama 7 hari, pada tanggal sekian sampai tanggal sekian.

Mencari Info Tempat Wisata

Misalnya  kamu mau traveling ke Jogja, di sana kamu mau kemana aja? 

Mulailah mengumpulkan info. Bisa cek di google tempat wisata di Jogja dan kamu akan dapat gambaran tentang berbagai tujuan wisata. 

Kamu juga bisa mencari contoh itinerary wisata yang diadakan paket wisata di tempat tersebut. Biasanya bisa jadi gambaran. 

Cari yang mana yang menarik minatmu untuk dikunjungi dan buat daftarnya. Daftar ini bisa mencakup tujuan wisata, kuliner, belanja dan sebagainya. Kumpulkan info yang lengkap tentang lokasi, jam operasional dan kisaran harganya.

Memperhitungkan Biaya

Dari daftar tujuan wisata tersebut, mulailah memperhitungkan alokasi biaya yang dibutuhkan selama perjalanan. Biaya transport, penginapan, makan, tiket masuk tempat wisata, oleh-oleh dan lain-lain. Perlu juga mengalokasikan dana tak terduga. 

Biaya-biaya ini kamu sesuaikan dengan budget yang sudah ditentukan. 

Mungkin dari daftar yang kamu sudah buat akan ada yang perlu diubah atau dikurangi sesuai dengan budget dan ketersediaan waktunya.

Misalnya, tadinya kamu ingin menginap  di hotel bintang 5, tapi harganya tak sesuai budget, maka carilah penginapan lain yang lebih murah. 

Membuat daftar kegiatan

Dari berbagai tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi, selanjutnya buat daftar kegiatan harian selama liburan. Misalnya kamu liburan 7 hari. Hari pertama mau ngapain, jalan ke kemana aja, makan siang dimana, dan sebagainya. Sejenis timeline gitu. Mulai dari hari pertama, kedua dan seterusnya.

Di daftar kegiatan ini kamu bisa membuat perkiraan durasi waktu perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Jadi perlu juga mencari info terkait jarak dan lama perjalanan. 

Menentukan Transportasi

Apakah di tempat wisata kamu ingin rental mobil atau naik kendaraan umum? Carilah info terkait moda transportasi yang tersedia di daerah tujuan. 

Perhatikan rute, jam operasional, tarif, cara pemesanan atau pembelian tiketnya karena tiap daerah biasa beda-beda.

Menentukan Akomodasi

Mencari akomodasi bisa dilakukan jauh-jauh hari untuk menjamin ketersediaannya. Pilih penginapan yang harganya sesuai dengan budget yang kita punya. 

Pemilihan lokasi penginapan juga penting. Bila kamu memilih bepergian naik transportasi umum, pilihlah penginapan yang dekat ke pilihan transportasi yang akan kita gunakan. Misalnya dekat terminal/stasiun atau halte bus. 

Lokasi penginapan yang banyak tempat kuliner dan dekat ke berbagai destinasi wisata juga bisa bikin kita lebih hemat waktu dan hemat biaya.


Demikian yang bisa aku bagikan saat ini tentang cara bikin itinerary. Semoga bermanfaat ya...


No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...