Monday, March 27, 2023

Melirik Taman Literasi Martha Tiahahu yang Makin Cantik Terawat


Tampaknya Jakarta sedang mempercantik diri dengan serius. Beberapa fasilitas umum telah direvitalisasi dan membuat penampilannya makin keren dan kekinian. Salah satunya adalah Taman Literasi Martha Tiahahu ini.

Taman yang namanya diambil dari salah satu pahlawan perempuan asal Ambon, Martha Christina Tiahahu ini terletak disekitar pusat perbelanjaan dan terminal bus Blok M Jakarta Selatan. 

Dulu aku sering melewati daerah ini untuk naik bus dari terminal Blok M, tapi tampilannya ketika itu belum se terawat sekarang. 

Setelah direvitalisasi dan dibuka kembali di tahun 2022, taman ini jadi lebih cantik dan menarik minat. Sejumlah fasilitas pendukung seperti perpustakaan, ruang baca, toko buku, kedai kopi, musala, toilet dan taman bermain anak pun disediakan di area taman. 


Minggu lalu, setelah selesai berenang di kolam renang Bulungan, aku, suami dan anak kami El mampir ke sini sebelum pulang naik Transjakarta dari Terminal Blok M yang melewati taman ini. 

Di depan pintu masuk terlihat tulisan Taman Literasi Martha Tiahahu di sebuah papan bernuansa hitam putih.

Tampak beberapa pengunjung sedang menikmati suasana taman. Ada yang sedang asik baca di perpustakaan, ada yang sedang mengetik di laptop sambil ngopi di kedai kopi, ada yang ngobrol santai di depan taman teratai dan beberapa pengunjung asik foto-foto. Bahkan ada juga yang tampaknya lagi foto prewed. 

Sebagian besar pengunjung adalah anak-anak muda. Termasuk aku dan suami. Kami juga pernah muda pada jamannya. Hehe.

Bentuk taman ini cukup unik dimana terdapat suatu bangunan melingkar yang terdiri dari perpustakaan dan beberapa tenant yang menjual makanan dan minuman. Terdapat tangga ke lantai atas yang bentuknya melingkar juga. Dari lantai atas kita bisa  melihat keseluruhan pemandangan taman lebih jelas.


Ruang bacanya tampak begitu menggoda, dengan berbagai koleksi buku dan tempat membaca yang nyaman. Ada tikar, bantal duduk dan kursi yang nyaman. Disini kita juga bisa baca ebook yang bisa diakses dari perpustakaan Jakarta. 


Ingin rasanya aku baca juga di ruangan itu, Tapi kami saat itu niatnya hanya mampir sebentar dan lebih utama pengen bawa anak kami ke taman bermain.


Taman bermain terletak di samping pintu masuk dan tersedia beberapa wahana bermain dengan gambar-gambar dan warna-warni yang menarik.


Di sekitar taman bermain terdapat area rumput hijau yang rindang oleh banyak pepohonan, cocok bagi pengunjung yang ingin duduk-duduk santuy sambil ngobrol atau nunggu anak bermain.


Bila kamu mau kesini, tempat ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Berada di lokasi transit terminal Bus dan stasiun MRT Blok M.  Kamu bisa langsung datang tanpa harus daftar dulu. 

Satu info penting yang tentu bikin rakyat bahagia, masuk ke sini gratis loh. Baik itu di taman maupun di perpustakaan. Tapi kalau mau ngopi ke kedai kopi kudu bayar loh ya. Hehe



No comments:

Post a Comment

Pelajaran untuk Tidak Mudah Menghakimi Orang Lain

(sumber: Unsplash)   “Abang udah tau belum berita tentang si X ini? Ternyata dia yang selingkuh tapi malah menuduh istrinya selingkuh. I...