Wednesday, December 14, 2022

6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Ibu Bekerja Jadi Lebih Bahagia

You'll never change your life until you change something you do daily. The secret of your success is found in your daily routine. -- John C. Maxwell


Photo by Drew Beamer on Unsplash



Hari yang sibuk dengan berbagai peran dan tanggung jawab yang harus dilakukan seringkali membuat seorang ibu bekerja menjadi kewalahan.

Waktu terasa tidak pernah cukup untuk melakukan berbagai hal yang dirasa perlu. Tak jarang hal ini jadi berimbas kepada hubungan yang baik dengan pasangan dan anak.

Kebingungan membagi waktu dan perhatian untuk berbagai peran. Sebagai ibu, sebagai istri, sebagai pekerja, dan mungkin juga sebagai pebisnis. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Tidak ada sebuah perubahan instan yang bisa didapatkan dalam hidup. Sebab hal tersebut merupakan wujud dari berbagai kebiasaan yang kita miliki selama ini.

Beberapa kebiasaan ini mungkin bisa membantu kamu mempunyai hari-hari yang lebih bahagia dan tertata sehingga kewarasan tetap terjaga

Saya sedang berusaha untuk melakukan ini dengan konsisten. Beberapa diantaranya sudah berhasil dilakukan, namun ada juga yang masih dalam tahap perjuangan.

Apakah kamu tertarik ingin tau dan juga melakukannya? Yuk kita simak!

1. Membuat 3 to do list utama setiap hari dan melakukannya.


Seringkali saya bikin terlalu banyak to do list dan udah capek duluan ngelihat listnya. Jadinya tak satupun yang dilakukan.

Photo by Thomas Bormans on Unsplash



Dengan fokus pada mengerjakan 3 hal utama yang menurut kita penting, maka kita akan lebih terarah memanfaatkan waktu dan  merasa lebih happy karena perasaan bahwa kita telah mencapai/melakukan sesuatu yang benar.

2. Beres-beres Rumah di malam hari


Kebiasaan beres-beres rumah, misal nyuci piring, nyapu dan merapikan rumah yang berantakan sebaiknya dilakukan di malam hari sebelum tidur.

Hal ini akan sangat berguna dan mempengaruhi suasana hati kita saat bangun di pagi hari.

Photo by Mikael Cho on Unsplash


Saya tau gimana rasanya bangun tidur dan siap-siap mau masak tapi banyak tumpukan cucian piring, belum lagi ruang tamu belum dibersihkan dan semua itu bikin pagi terasa jadi lebih riuh dan rempong. Kadang sampai bingung mau ngapain dulu.

Jadinya kadang suka ngomel sama pasangan. Suasana pagi yang harusnya damai jadi terganggu.

Jadi saya akan membereskan cucian piring, dapur, dan merapikan ruang tamu sebelum tidur tiap malam. Jadi besoknya bisa langsung mempersiapkan masakan dengan lebih tenang. Mungkin juga jadi punya waktu untuk me time dulu.

3. Menulis sesuatu setiap hari


Saya merasakan manfaat yang besar dari menulis jurnal harian. Membuat saya menjadi lebih berkesadaran karena proses ini seperti suatu refleksi akan bagaimana saya menjalani hari.

Photo by lilartsy on Unsplash


4. Mengucap syukur setiap hari.


Tuliskan minimal 3 hal yang kamu syukuri dari setiap hari. Hal ini tidak selalu mudah karena kadang kita tak sedang ingin bersyukur.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash



Tapi saya percaya dalam setiap masalah pun selalu ada hal yang bisa disyukuri.

Misalnya saat jatuh terpeleset, kita bersyukur, untung gak ada yang lihat! Hehe

5. Makan bersama keluarga


Hal ini penting untuk menjadi waktu yang berkualitas dengan keluarga.

Apapun masalahnya, selesaikan di meja makan!


Photo by Jimmy Dean on Unsplash



Upayakan untuk makan bersama minimal sekali sehari, entah pada waktu sarapan pagi atau makan malam. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi cerita bersama keluarga.

6. Olahraga


Hal ini bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga baik untuk kesahatan mental. Bisa bikin happy juga dan badan jadi sehat juga.

Photo by Jozsef Hocza on Unsplash



Demikian daftar kebiasaan yang sedang saya usahakan lakukan dengan konsisten. 

Apakah ada dari daftar ini yang ingin kamu lakukan juga? Atau kamu ada ide kebiasaan lain? Yuk share di kolom komentar ya...

 

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti tantangan menulis 30 hari di Kompasiana - Day 8

https://www.kompasiana.com/rosdayanti/636a9d644addee28eb73a412/6-kebiasaan-ini-bisa-bikin-ibu-bekerja-jadi-lebih-bahagia

No comments:

Post a Comment

Istri yang Suka Mengeluh dan Menjelek-jelekkan Suaminya

Suatu konflik dalam rumah tangga bisa berlangsung sementara atau mengakibatkan kerusakan permanen bila disikapi dengan cara yang salah. ...