Monday, March 7, 2022

5 Caraku Mencintai Diri Sendiri


Mendengarkan Suara Hati

Caraku mencintai diri sendiri adalah dengan berusaha menjaga hati nurani yang murni. Dengan cara bagaimana? Dengan cara mendengarkan suaranya dan mengikutinya. Sering kali suara hati mendorong untuk melakukan sesuatu yang menurut aku benar dan seharusnya dilakukan. Tapi kadang ada rasa takut, malas, malu atau enggan melakukannya.

Salah satu contoh kecil,  saat dapat kembalian uang lebih waktu belanja di warung. Kan satu sisi seneng tuh, wah rejeki nih…apalagi pas lagi bokek  😀. Tapi hati nurani segera bicara: Balikin! Atau saat lagi di tempat kerja, mendapati sesuatu kesalahan yang harus diperbaiki, tapi hanya hal kecil dan gak ngaruh2 amat buat orang lain, tapi aku tau itu salah. Rasanya malas banget harus benerin padahal udah siap untuk dieksekusi. Tapi…lagi-lagi, hati nurani bilang: Benerin dulu! 

Saat seperti itu sering terjadi pergolakan batin. Satu sisi menentang dengan argumen-argumen yang tampaknya benar dan masuk akal, tapi suara hati berkata ini gak bener. Lakukan hal yang benar.

Dan setiap aku mengikuti suara hati nurani, biasanya ada rasa damai, lega dan aku merasa mencintai diriku lebih lagi setiap kali aku melakukan sesuatu yang aku pandang benar. Aku seperti mendengar hati nuraniku berkata pada diriku sendiri: I love you, Ros…kamu telah melakukan sesuatu yang hebat. Kamu keren! Aku bangga jadi bagian dari dirimu.

Lingkungan dan Orang-Orang  Positif

Cara lain yang baru-baru ini aku lakukan juga adalah dengan berusaha mengelilingi diriku dengan lingkungan yang positif.  Termasuk dengan akun di medsos yang aku pilih untuk follow atau unfollow. Ternyata ini sangat besar pengaruhnya. Karena selama ini kadang ada postingan/tulisan orang tertentu di medsos yang bikin aku kurang happy. Misal orang yang suka mengeluh atau berantem. Kadang jadi ikutan emosi lihat orang-orang berantem dan berkata-kata kasar di medsos. Menyadari itu, aku menjadi lebih selektif dan unfollow banyak akun yang menurutku tak memberikan rasa positif pada diriku. Hanya mengikuti orang-orang yang menurutku pemikirannya menarik dan menginspirasi untuk jadi lebih baik.

Melakukan hal yang Membuatku Happy

Aku mencintai diriku sendiri dengan melakukan apa yang aku suka. Saat ini aku lagi suka banget baking. Aku menyediakan alokasi dana khusus untuk urusan ini dan hal ini bikin aku bahagia.

Menulis untuk Mengelola Stress

Aku   berusaha mengelola stress dengan membicarakan apa yang aku rasakan pada orang yang bisa aku percaya. Saat ini seringnya aku bicara ke suami sih. Tapi kadang tak semua hal aku bisa share ke suami, karena aku tau suami tak selalu mengerti apa yang aku rasakan. Oleh karena itu, aku juga punya teman curhat lain…menulis jurnal harian. Ini sangat membantuku mengurai kekusutan di pikiran dan membuat hati jadi lebih ringan dan tertata.

Menjaga Kesehatan

Aku mencintai diriku dengan menjaga makanan yang aku konsumsi tetap bernutrisi baik, makan teratur karena aku punya sakit maag yang bisa kumat setiap kali makan tidak tepat waktu,  minum cukup air putih, tidur/istirahat cukup dan menggunakan produk kosmetik yang aman untuk kulit.

 

 

No comments:

Post a Comment

Istri yang Suka Mengeluh dan Menjelek-jelekkan Suaminya

Suatu konflik dalam rumah tangga bisa berlangsung sementara atau mengakibatkan kerusakan permanen bila disikapi dengan cara yang salah. ...