Sunday, March 26, 2023

Piknik Murah Meriah Menyenangkan di Tebet Ecopark



Pernah nggak kamu mau liburan dengan keluarga, pas sampai lokasi ternyata zonk.. bukannya seneng malah amsyong.

Seorang teman pernah cerita tentang liburan bersama anaknya yang alih-alih bikin happy malah bikin nyesek. 

Ketika itu, dia mengajak keluarganya ke salah satu tempat wisata waterpark yang mahal. Niatnya untuk bikin anak-anaknya happy. 

Setelah bayar tiket masuk yang katanya habis sekitar 1 jutaan, mereka pun masuk ke area tempat wisata itu. 

Begitu masuk tempat wisata, orangtuanya segera mengajak anaknya ekplor berbagai wahana yang tersedia di sana. Di luar dugaan, ternyata anaknya tidak suka dan nangis-nangis minta pulang. 

Si orangtua yang merasa sudah mengeluarkan banyak dana untuk masuk ke situ berusaha menenangkan anaknya. Tapi tetap nangis minta pulang. Terpaksalah mereka pulang. Temanku begitu nyesek karena uang 1 juta nya melayang sia-sia! 

Ternyata untuk nyenengin anak dan membangun bonding dengan anak tak perlu ke tempat mahal kok.

Ini adalah salah satu alternatif tempat wisata untuk piknik keluarga yang bisa kamu akses secara gratis di Jakarta. Namanya Tebet Ecopark di daerah Jakarta Selatan. 



Beberapa waktu yang lalu aku, suami dan anak kami jalan pagi ke tempat ini.

Kami naik bus Transjakarta dan turun di Halte Tebet BUMD/Tebet Ecopark kita bisa tanya ke petugas di Halte Busway arah ke Tebet Ecopark. Kemudian jalan kaki menuju taman sekitar 500 meter melalui SPBU MT. Haryono menuju pintu masuk.

Tebet Eco Park sebelumnya bernama Taman Tebet Honda terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Taman seluas 7 hektare ini   adalah tempat untuk rekreasi yang terbuka untuk masyarakat umum. 

Beberapa fasilitas tersedia di tempat ini, mulai dari tempat jalan santai, tempat olahraga, tempat bermain anak-anak, banyak juga tempat bersantai seperti bangku taman dan daerah yang lapang untuk menggelar tikar sambil piknik bersama keluarga.



Masuk ke tempat ini berasa sedang di puncak Bogor yang adem dan rindang dengan banyak pohon. Padahal taman ini berada di tengah kota dan dekat jalan besar.

Salah satu yang unik di tempat ini adalah jembatan bernama Infinity Link Bridge yang dirancang untuk menyambungkan taman utara dan selatan yang sebelumnya dipisahkan oleh Jalan Tebet Timur. Warna orange menyala yang sangat aikonik!



Tempat favoritku adalah Zona Children Playground. Disini ada banyak tempat permainan untuk anak, mulai dari trampolin, perosotan, tempat main pasir, jungkat jungkit dan masih banyak lagi.



Bila ingin berkunjung ke sini harus daftar dulu ya melalui aplikasi JAKI. Isi data kunjungan dan data diri.

Waktu berkunjung yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah pukul 07.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-17.00 WIB. 

Untuk setiap sesi kunjungan, kapasitas taman dibatasi maksimal 4,000 orang per sesi untuk Senin sampai Jumat, dan meningkat menjadi 5,000 pengunjung per sesi untuk hari Sabtu dan Minggu. Menurutku aturan ini bagus karena suasana di tempat ini tetap nyaman karena tidak membludak oleh pengunjung.

Setelah mendaftar kita akan mendapatkan barcode sebagai tiket masuk untuk ditunjukkan ke petugas di loket pintu masuk. Masuk kesini tak dipungut biaya sepeser pun alias Gratis!

Disini juga tersedia kantin yang menjual aneka makanan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Bagiku jalan ke sini membawa hasil yang menyenangkan. 



No comments:

Post a Comment

Allow God to Bless You – Menerima Berkat Tuhan dengan Sukacita

Accept gratefully “ When we give cheerfully and accept gratefully, everyone is blessed .” – Maya Angelou Aku punya tetangga, seorang wanit...