Thursday, July 6, 2023

10 Tips Aman Mencari Jodoh di Aplikasi Kencan Online

 

Photo by Markus Winkler on Unsplash

Gerah dengan pertanyaan "kapan nikah" dari orang-orang? Tapi bingung mau menikah dengan siapa karena masih jomblo?

Jangan kuatir, Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara untuk bertemu dengan pria idaman hati. Baik secara langsung maupun berkenalan via aplikasi kencan.

Aplikasi kencan bisa memudahkan kita berkenalan dengan banyak orang dari berbagai belahan bumi sehingga kita punya lebih banyak pilihan dan kesempatan bertemu pasangan hidup.

Namun maraknya kasus penipuan berkedok cinta di aplikasi kencan membuat kita harus ekstra waspada. Beberapa orang memang menggunakan aplikasi kencan dengan niat tulus mencari jodoh, namun banyak juga pihak yang menyalahgunakannya dengan niat menipu dan merugikan korbannya baik secara emosional maupun secara materi.

Berikut ini beberapa tips aman mencari jodoh di aplikasi kencan online berdasarkan pengalamanku:

Miliki Mindset yang Benar

Sadari bahwa kamu adalah wanita yang berharga

Bagaimana kamu memandang dirimu sendiri akan berpengaruh pada tindakan dan ekspektasimu. Kamu adalah wanita yang berharga dan layak untuk dicintai dengan cara yang sepatutnya.

Photo by Tim Mossholder on Unsplash

Kamu TIDAK Harus Menikah

"Don't be panic!" adalah peringatan pertama saat terjadi keadaan darurat. Kenapa? Karena kalau seseorang udah panik, bakal sulit berpikir rasional. Tindakan yang dia ambil pun cenderung bikin situasi jadi makin rusuh.

Bila seorang wanita berpikir bahwa dia harus SEGERA menikah, misal karena usia sudah matang atau tekanan sosial lainnya, bisa mengakibatkan dia menjadi panik dan tidak bisa menilai dengan benar. Ekpekstasinya untuk segera menikah menutup matanya dari hal mencurigakan pada seorang pria yang seharusnya bisa dia deteksi.

Bila kamu memang sudah bertemu dengan pria yang sesuai kriteriamu, it's Ok untuk menikah. Namun bila tidak? Kamu tidak harus memaksakan diri untuk menikah dengan pria manapun.

Pernikahan bukan satu-satunya sarana untuk mencapai apa yang jadi tujuan hidupmu. Pastikan kamu menikah dengan orang yang tepat.

Bila pun tidak menikah, tidak apa-apa juga. Kamu tetap bisa punya kehidupan yang bahagia dan bermakna dengan atau tanpa pasangan.

Miliki Motivasi yang Benar dan Tulus

Jangan berkencan dengan niat hanya untuk bermain-main, mengisi waktu luang atau hanya untuk mendapatkan keuntungan materi.

Hukum tabur tuai berkata, apa yang kamu tabur adalah apa yang kamu tuai. Kenyataannya, kadang orang yang niatnya bagus aja bisa dapat yang tidak bagus, apalagi bila niatnya tidak bagus.

Tuliskan Kriteria Pasangan Idamanmu Secara Spesifik

Ketahui kriteria pria yang kau inginkan untuk jadi pasangan hidupmu. Tuliskan dengan jelas dari segala aspek, baik secara kerohanian, kepribadian, karakter, kecerdasan, ambisi, tampilan fisik dan hal lain yang kamu anggap penting. Kamu tak perlu buang-buang waktu untuk berurusan dengan pria yang tidak sesuai dengan kriteriamu.

Pilih Platform yang Terpercaya

Gunakan platform kencan online yang terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang baik. Hal ini untuk meminimalisir penipuan.

Ada banyak pilihan mulai yang gratis hingga berbayar. Pilihlah yang perlu bayar biaya keanggotaan. Pertimbangannya adalah, orang yang gabung ke platform kencan online dengan bersedia bayar biaya keanggotaan, kemungkinan besar emang punya niat serius mencari pasangan.

Pasang foto dan Informasi Pribadi Sewajarnya

Pasang foto profil yang asli tapi menarik. Tidak perlu menggunakan filter yang berlebihan sehingga bikin pangling saat bertemu. Pose dengan pakaian sopan dan sewajarnya dengan wajah tersenyum.

Jangan Terlalu Cepat Bertukar Info Pribadi

Mungkin kamu bertemu pria yang kriterianya seperti yang kamu inginkan. Apalagi dia juga tampak tertarik padamu. Kamu tak ingin melepaskannya. Saat dia menanyakan informasi pribadi terlalu cepat, kau pun ingin buru-buru memberikannya.

Eits! Nanti dulu! Waspadalah. Jangan lansung memberikan informasi pribadi yang sensitif seperti alamat rumah, nomor telepon, alamat email atau link ke media sosial kamu.

Sebaiknya kalian ngobrol menggunakan fasilitas chat di aplikasi kencan aja dulu, minimal seminggu dua minggu pertama. Setelah sudah lebih kenal dan yakin orangnya bisa dipercaya, barulah kamu bisa ngobrol melalui nomor pribadi.

Jangan Mudah Terperdaya oleh Tampilan Luar

Jangan terlalu mudah terpikat, se menarik apapun penampilan fisik pria itu kelihatannya. Jangan terlalu mudah percaya se rohani apapun pria itu berbicara. Jangan mudah terperdaya, se mapan dan semeyakinkan apapun tampaknya pria itu dari penampilannya.

Justru kamu harus menaruh curiga, pria se bagus itu ngapain nyasar ke aplikasi kencan seperti ini? Bukankah di dunia nyata pasti banyak sekali kesempatan baginya untuk menemukan pasangan?

Hati-hati dengan pria yang tampaknya too good to be true. Jangan naif dan berpikir bahwa pria itu emang sempurna karena dia adalah mujizat yang Tuhan berikan sebagai jawaban doamu.

Jangan Terlalu Cepat Berfantasi Tentang Masa Depan Hubungan Kalian

Baru kenalan dan ketemu sekali tapi fantasinya udah kemana-mana. Udah ngebayangin menikah, bulan madu, punya dua anak, dan segala fantasi akan masa depan indah yang kamu akan lalui bersama pria ini.

Photo by Álvaro CvG on Unsplash

Hati-hati, ini bisa mematikan instingmu untuk menilai jika ada sesuatu yang terasa tidak benar atau mencurigakan.  

Bila kamu merasa tertarik pada seorang pria yang kamu baru kenal, tetap waspada dan melakukan penilaian yang rasional. Jangan terlalu mudah jatuh cinta. Pelajari dulu karakter pria itu apakah emang bener baik atau tidak.

Jangan Transfer Uang, Jangan Sok Pahlawan

Apapun ceritanya, jangan pernah mentransfer uang kepada orang yang baru kamu kenal melalui kencan online.

Penipu berkedok cinta biasanya bercerita tentang masalahnya yang mengenaskan dan butuh bantuan keuangan mendesak.

Beberapa modus yang umum, dia pura-pura jatuh cinta padamu, berencana ingin datang ke kotamu untuk meminangmu, namun tiba-tiba di tengah jalan dia dihadang bencana. Dompetnya dicopetlah, bermasalah dengan bagian imigrasi, atau ada kecelakaan sehingga butuh biaya besar. Pokoknya mendesak banget dah. Dia pun minta/minjam uang kamu karena dia tak tau harus bagaimana, sebab dompetnya hilang.

Kamu sebagai wanita baik hati yang tak tega melihat mahluk lain menderita, mungkin langsung trenyuh. Tanpa pikir panjang langsung transfer. Ternyata kamu telah ditipu. Jangan sampai terjadi ya..

Kalau seseorang datang dengan skenario butuh bantuan mendesak begitu, coba kamu pikirkan, orang itu kan pastinya punya keluarga, teman dekat, atau teman lain yang bisa dimintai tolong. Kenapa di malah minta/minjam ke kamu yang notabene baru kenal?

Lagian, bila dia pria yang punya harga diri, dia akan merasa malu kalau harus minjam ke wanita yang dia taksir.

Jagi kamu jangan bersikap sok pahlawan dengan berpikir bahwa kamu satu-satunya orang yang bisa menyelamatkannya dari kesulitan itu.

Bercerita Pada Teman/Keluarga

Saat sedang jatuh cinta, kadang orang jadi hilang akal sehat. Apapun akan dia lakukan demi orang yang dia naksir. Bahkan bisa saja itu hal yang negatif.

Ada baiknya kamu cerita ke teman dekat atau anggota keluarga yang kamu percaya.

Mereka biasanya bisa melihat dengan lebih netral dan bisa mengingatkanmu bila telah melakukan hal yang salah.

Pilihlah tempat umum saat pertemuan pertama

Pilihlah bertemu di tempat umum dan ramai. Misalnya di restoran. Tetap waspada. Hati-hati dengan barang berharga kamu. Beritahukan juga pada teman atau anggota keluarga mengenai siapa yang kamu temui, di mana dan jam berapa.

Jangan langsung ketemuan di gunung biar dikira romantis kayak di film India ya 😁

Photo by Andres Molina on Unsplash

Demikian beberapa tips biar aman mencari jodoh di aplikasi kencan, semoga bermanfaat ya..

Tetap semangat ya...

 

No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...