Friday, April 7, 2023

Review Gokhon Guest House di Pulau Samosir


Saat nyari penginapan di daerah Pulau Samosir Danau Toba, aku sempat agak bingung menentukan pilihan. Pengin yang bagus dan view indah tapi harganya masih sesuai budget. Banyak banget pilihan hotel, tampaknya semuanya bagus dan punya kelebihan masing-masing.

Kemudian setelah mempertimbangkan rating dan review di internet yang cukup bagus, mengingat budget menginap yang hanya sekitar 300 ribu/malam, akhirnya kami menetapkan memilih Gokhon Guest House, salah satu penginapan di daerah Tuktuk yang paling memenuhi syarat.

Satu hal yang bagiku jadi nilai plus dari Gokhon adalah ada perpustakaannya. Aku selalu suka lihat perpustakaan.

Kami menuju Gokhon Guest House menggunakan kapal motor penumpang (KMP) dari Parapat. Oya, saat akan naik kapal, jangan lupa untuk memberitahukan lokasi penginapan kita, apakah ke Tuktuk, Tomok atau ke Simanindo. Karena setiap Kapal memiliki rute tujuan masing-masing. Biar nggak salah naik kapal. 




Kapal ini biasanya dapat mengantarkan penumpang langsung ke hotel tujuan atau dermaga terdekatnya yang tersedia. 

Hampir setiap hotel atau penginapan  di daerah Tuktuk punya dermaga kecil untuk bersandarnya kapal termasuk juga  Gokhon Guest House. Jadi untuk menuju kesini cukup mudah.



Saat tiba di Gokhon kami langsung ke bagian reservasi yang ternyata di seberang jalan tempat penginapan. Kami disambut hangat oleh pengelola penginapan dan dipersilahkan memilih kamar yang tersedia di lantai 2. Kami pilih kamar paling pojok di sebelah kanan, karena view ke danaunya lebih terlihat jelas.

Kamar ini memiliki balkon yang menghadap langsung ke Danau Toba. View danau yang udah indah dari sononya makin dipercantik lagi oleh view taman rumput hijau dan beberapa pohon cemara di depan balkon.  Kami tiba di tempat ini pada sore hari dan menyaksikan perpaduan view danau plus view taman plus view sunset yang spektakuler. Lihat itu aja aku udah seneng banget. 

Suasana di kamar ini terasa sejuk dan tenang. Kamarnya rapi dan bersih, kamar mandinya juga bersih dan tampak terawat. Pengelola langsung membawakan teko listrik saat kami baru tiba di kamar. Sungguh suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh kami yang bawa balita.






Lokasi Gokhon cukup strategis, terletak dipinggir jalan utama Tuktuk. Jangan kuatir soal makanan dan minuman karena ada banyak restoran yang cukup terkenal di dekatnya yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. 

Kami mencoba beberapa restoran di sekitar penginapan dan yang paling recommended menurutku adalah Jenny's. Dengan berbagai pilihan menu tradisional dan western yang cukup bervariasi, rasanya enak, harga terjangkau dan porsinya mengenyangkan alias banyak. Hehe

Di sekitar penginapan juga ada beberapa warung sembako dan toko yang menjual cenderamata khas Danau Toba termasuk kaos bertuliskan Lake Toba. 

Hal yang aku suka saat disini selain view indah dan restoran enak adalah...sinar matahari pagi yang langsung ke arah balkon kamar kami membuat pakaian yang aku cuci jadi cepat kering. 

Demi tujuan light packing, aku emang biasa nyuci pakaian selama di tempat nginap. Jadi pagi aku cuci, terus jemur di balkon. Sore hari saat kami pulang jalan-jalan, semua jemuran udah pada kering dong. Hal receh tapi bikin happy..hehe.

Di Gokhon juga ada akses untuk berenang langsung ke Danau Toba. Tempat ini dibersihkan secara teratur sehingga tidak licin. 

Beberapa kursi santai juga tersedia di depan danau,  juga tempat berbeque dan gazebo. Sangat menyenangkan duduk santai menikmati sunrise dan sunset di tempat ini.


Oya, satu lagi, hal ini tidak tersedia di paket penginapan sebenarnya, tapi kita bisa pesan sarapan ke pengelola penginapan dan akan dimasakin. Ada nasi goreng dan mie goreng. Katanya sih tergantung ketersediaan bahan. 


Ini nasi gorengnya enak banget deh. Kami menginap selama 3 malam dan aku pesan nasi goreng ini untuk sarapan selama dua hari. 

Sayangnya untuk perpustakaan, ternyata saat kami berkunjung ke sana, perpustakaan sedang ditutup karena suatu hal. Tapi nggak jadi masalah juga sih. Selama di Samosir jadwal kami lumayan padat sehingga untuk baca rasanya tak sempat juga.

Di sekitar hotel ini, sepanjang jalan Tuktuk, terdapat banyak penginapan juga. Mungkin ini tempat favorit menginap para wisatawan karena dekat ke danau kali ya. 


Sepanjang jalan ada hotel-hotel yang namanya familiar karena saat aku mencari penginapan di Samosir, nama-nama itu muncul juga. 


Namun karena udah tau Gokhon Guest House ternyata sekeren ini, next time kalau mau ke Samosir lagi bakal nginap disini aja deh.


No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...