Sunday, February 26, 2023

Persiapan Menjadi Istri yang Baik

Dalam  masa persiapan pernikahan, aku banyak membaca artikel tentang hal yang perlu dipersiapkan wanita untuk menjadi istri yang baik.

Aku ingin menjalankan peran baruku dengan sebaik mungkin. 

Tak banyak artikel berbahasa Indonesia yang membahas tentang hal ini. Pada umumnya mereka membahas lebih ke teknis persiapan pesta/resepsi pernikahan.

Akhirnya aku menemukan satu artikel yang menurutku bagus banget dari website ini:

https://blackandmarriedwithkids.com/preparing-to-become-a-wife-10-tips-for-single-women/

Dari artikel itu, aku mendapat 10 tips untuk mempersiapkan diri menjadi seorang istri yang baik. 

Aku setuju dengan 10 poin tersebut, namun ada dua poin yang tampaknya aku perlu pelajari lebih ektra. Aku perlu mulai belajar memasak dan mengelola keuangan.

1. Belajar memasak

Disarankan untuk belajar memasak satu jenis makanan setiap Minggu untuk meningkatkan  kemampuan memasak. Dalam hal ini tentu lebih ke arah memasak sejenis lauk pauk untuk makanan sehari-hari. 

Untuk masakan jenis kue-kue aku suka masak. Tapi jenis lauk pauk aku kurang suka. 

Ini adalah salah satu kelemahan ku. Tapi bila ingin jadi istri yang baik aku harus berusaha mengatasinya. 

2. Belajar mengelola keuangan 

Banyak masalah terkait keuangan yang menjadi penyebab konflik rumah tangga. 

Waktu masih single, aku belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Aku sering menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya gak penting dan masih sering tergoda untuk berhutang untuk hal-hal konsumtif.

Tapi karena masih single, dampak dari kecerobohanku mengelola uang hanya aku sendiri yang menanggung. Kalau aku udah jadi istri, nantinya mungkin perlu mengelola uang suami juga. Maka aku harus bisa mengelola dengan baik, biar bisa dipercaya oleh suamiku dan biar bisa mencukupkan diri dengan apa yang ada.

Melalui beberapa video di youtube dan berbagai artikel di internet aku menemukan banyak info mengenai cara mengelola keuangan keluarga dengan baik. Mulai dari cara menyusun anggaran bulanan, cara menghemat uang belanja dan menghindari pemborosan yang tidak perlu juga cara menabung dan investasi. 

Aku juga belajar tentang pentingnya menentukan tujuan yang jelas dari dana tabungan yang ada dan pentingnya membentuk dana darurat untuk kebutuhan medesak suatu hari nanti.

Dari beberapa sumber yang aku lihat di internet itu, aku mulai bikin draft anggaran bulanan untuk diaplikasikan pada keluargaku nantinya. 


No comments:

Post a Comment

Price and Value – Karakter Seorang Pria yang Lebih Berharga Dibanding Uang

Uang (sumber: Unsplash)     “ A Gem Is Always A Gem. It'll Shine Bright like Always Even If You Put It in Charcoal. You Just Need To Ope...