Wednesday, August 10, 2022

Review Oven Low Watt

Sore ini aku trial bikin Cinnamon Rolls untuk yang kedua kalinya. Hasilnya mulai lebih baik dari yang pertama. Ini pas banget dinikmati bersama kopi atau teh.


 

Sambil mengopi sore, aku mau share tentang oven yang biasa aku pakai untuk baking.

Aku pakai oven listrik Kirin yang jenis low watt type KBO-200RAB yang ukuran 20 Liter. Ini harganya sekitar 750 rebu an. Dalam satu paketnya udah ada tray dan alat-alat untuk memanggang. 


 

Ukuran loyang cake yang paling besar yang aku pernah pake itu cake ukuran 24x24. Kalau untuk bikin kuker ini muat tray ukuran 27x25 deh kayaknya. Ada 3 tingkat untuk tempat tray kalau mau bikin kuker.

Oven ini dilengkapi lampu di dalam, jadi kelihatan progress makanan yang lagi baking. Terus seperti biasa ada pengatur suhu sampai 250 derajat celcius. Timer untuk baking sampai 60 menit dan pilihan mau pake api atas, api bawah atau api atas bawah.

Ini bisa dipakai untuk berbagai keperluan baking, panggang ayam atau ikan, bikin cake, bikin roti dan bikin kue kering.

Karena termasuk jenis low Watt pemakaian listrik nya lumayan irit. Aku yang biasa baking tiap hari juga gak terlalu ngaruh ke tagihan listriknya. Mungkin sama lah kayak kita biasa pake penanak nasi atau alat elektronik lain yang digunakan sehari-hari.

Hanya, sesuai pengalaman aku, aku butuh waktu lebih lama untuk baking sesuatu dibanding dengan resep pada umumnya. Misal di resep butuh 30 menit, tapi oven ini butuh 40 menit. Yah emang katanya setiap oven beda-beda ya. Harus pengenalan dulu.

Untuk yang baru mau belajar baking atau untuk baking di rumah sehari-hari, menurutku sih ini lumayan bagus.

Oya, info tambahan, di rumah aku itu listriknya 1300 Watt. Oven ini 300 watt api atas dan 300 Watt api bawah. Aku seringnya pake api atas bawah dan gak ngaruh banget sih dengan pemakaian daya Watt dan tagihan listrik bulanan.

Sekian review sore ini..semoga bermanfaat .

 

No comments:

Post a Comment

Istri yang Suka Mengeluh dan Menjelek-jelekkan Suaminya

Suatu konflik dalam rumah tangga bisa berlangsung sementara atau mengakibatkan kerusakan permanen bila disikapi dengan cara yang salah. ...