Monday, July 4, 2022

8 Tips Hemat Ala Mamak


 

"Isteri cerdas!"

Begitulah perkataan seorang suami terhadap istrinya di salah satu iklan di tipi. Karena si istri itu membeli detergen baju yang harganya lebih murah dari merk lain yang mana katanya kualitasnya lebih ampuh juga.

Aku pikir iklan itu agak lebay sih. Masa gitu aja disebut cerdas. Tapi setelah aku jadi mamak-mamak, aku menyadari memang perlu jeli mengatur keuangan keluarga biar segala kebutuhan rumah tangga yang ternyata emang banyak itu bisa dipenuhi dengan dana yang tersedia.

Kan banyak ya cerita bahwa mamak-mamak memboroskan duit gaji suami, malah buat beli hal-hal yang kurang penting dan malah ngutang sana sini. Bikin kondisi keuangan yang udah susah jadi makin susah.

Biar disebut istri cerdas juga oleh Pak Suami, aku pun berusaha untuk belajar mengelola keuangan dengan baik plus beberapa upaya untuk berhemat.

Aku mau share beberapa upaya yang aku lakukan untuk menghindari pemborosan:

1. Membuat budget bulanan dan berusaha disiplin untuk mengacu pada budget yang sudah dibuat.

2. Membuat catatan keuangan

Aku tadinya pernah coba sistem pencatatan keuangan di hape yang pake aplikasi-aplikasi itu. Tapi aku kurang disiplin mencatatnya. Jadinya kadang catatan di hape masih ada sekian, tapi aktualnya duitnya udah tak tau kemana.

Saat ini aku hanya mencatat secara garis besar aja. Tapi dana yang ada untuk apa aja biasa aku pisahin jadi beberapa bagian. Misal untuk belanja bahan makanan, aku bagi 4 bagian untuk Minggu 1, 2, 3 dan 4. Biar gak habis sekaligus.

3. Membuat catatan daftar barang yang mau dibeli sebelum pergi belanja dan belanja berdasarkan daftar tersebut. Kadang tiba-tiba pengen beli sesuatu yang di luar daftar sih, tapi gak apa juga. Yang penting jumlahnya gak lebih banyak dari yang di daftar.

4. Memilih beli barang berkualitas supaya lebih awet. Karena lebih awet jadi gak gampang rusak dan gak perlu sering beli lagi untuk ganti yang rusak kan..

5. Kalau bepergian, membawa air minum dari rumah.

Sebisa mungkin aku menghindari beli minuman botol. Hal ini selain karena aku memikirkan lingkungan, yakni untuk mengurangi limbah plastik, aku juga merasa ini suatu hal yang memboroskan. Walaupun misal dipikir cuma 3 rebu, tapi kan 3 rebu juga duit..dan bisa jadi jumlah yang besar bila dilakukan dengan sering.

6. Menghindari melihat-lihat aplikasi belanja online.

Di hape kita, banyak racun iklan yang membuat kita merasa membutuhkan semua hal yang mereka tawarkan. Apalagi kalau ada tulisan diskon, apalagi kalau ada pilihan bayar nanti.

Kalau memang lagi ada kebutuhan, hal itu aku masukkan dalam budget bulanan. Dan sesuai dengan budget itu, aku cari produknya di aplikasi belanja online. Kalau di budget lagi gak ada, yah, ngapain juga lihat-lihat aplikasi belanja online? Adanya ntar malah jadi kepengen banyak hal.

7. Membuat meal plan.

Mau makan apa minggu ini? Sarapan, makan siang, makan malam, atau cemilan yang mau dimasak biasanya aku buat perencanaannya secara tertulis. Jadi dengan berdasarkan itu, aku belanja bahan-bahan yang dibutuhkan.

Sebelum menerapkan ini, aku sering banget tiba di tukang sayur dan terpaku menatapi sayuran. Mau beli apa ya? Mau masak apa ya hari ini? Dan selain buang waktu, itu juga buang banyak duit. Kadang jadi beli bahan makanan yang gak jelas mau dimasak apa, ujung-ujungnya numpuk di kulkas. Tau-tau udah gak layak untuk dimakan, jadinya terbuanglah bahan makanan itu. Sayang kan…jadi menurutku perlu ada perencanaan.

8. Masak untuk makanan sehari-hari. Sebisa mungkin makan di rumah atau bawa bekal makan siang untuk ke kantor.

Kalau mau makan di luar, kami biasa bikin dalam anggaran tertentu. Dan bisa direncanakan misal berapa kali dalam seminggu. Jadi tidak melulu jajan di luar.

Lagian menurutku, masakan sendiri itu lebih sehat dan seringkali juga lebih enak kok. Sarapan di rumah, bawa bekal makan siang, makan malam dan bikin cemilan pun dari rumah.

Untuk saat ini sih beberapa cara ini cukup membantuku jadi lebih hemat. Tapi entah mengapa aku belum pernah dengar Pak Suami bilang aku "istri cerdas" 😅

Apakah teman-teman ada tips hemat lain, yuk share juga, siapa tau bisa jadi inspirasi 😍

 

No comments:

Post a Comment

Istri yang Suka Mengeluh dan Menjelek-jelekkan Suaminya

Suatu konflik dalam rumah tangga bisa berlangsung sementara atau mengakibatkan kerusakan permanen bila disikapi dengan cara yang salah. ...