Thursday, March 4, 2021

Hobiku

 


Ini adalah salah satu hobiku yang menurutku bermanfaat untuk kehidupanku sebagai seorang wanita.

Aku hobi menata dan mendekorasi ruangan2 di rumah, mulai dari teras, ruang tamu, kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Kegiatan ini juga diikuti dengan bersih-bersih dan ngerapiin rumah dengan segala detail2nya. Biasanya aku punya jadwal khusus untuk kegiatan ini, missal sekali sebulan atau sesuai mood dan lebih baik lagi kalau aku lagi sendiri di rumah tak ada gangguan dari orang lain. Butuh seharian karena mencakup banyak hal di rumah yang harus dirapikan.

Sejak aku remaja aku sudah terbiasa melakukan hal itu. Mulai dari ngerapiin buku-buku, ngerapiin isi rak piring, sampai memotong daun-daun tanaman yang udah menguning. Semua bagian dalam rumah aku pastikan tertata dengan baik. Termasuk juga dokumen-dokumen di dalam map aku bongkar dan aku rapiin lagi. Hal ini sering jadi masalah buat mama karena kadang dia jadi bingung nyari dokumennya karena biasanya naroh berantakanšŸ˜€

Pada saat aku merantau ke Bekasi, aku tinggal di rumah tante. Rumahnya lumayan luas tapi aku tak punya kuasa penuh untuk mendekorasi rumah itu. Yah namanya juga numpang, aku harus menyesuaikan dengan desain selera mereka. Walaupun dalam hati aku sering membayang2kan dan membuat sketch desain ruangan yang menurutku seharusnya diaplikasikan. Letak sofa, lemari dan rak tivi sebaiknya dimana dan sejenisnya. Tapi karena tak punya power untuk itu, aku hanya bantu rapi-rapiin rumah dengan ngepel dan ngelap-ngelap lemari pajangan di ruang tamu.

Di lemari pajangan itu terdiri dari boneka2, guci keramik dan bunga-bunga serta berbagai koleksi souvenir dari kondangan yang dikumpulkan sama tante. Aku biasanya ngelapin satu-satu sampai semua debu sirna dan merapikan posisi setiap item. Tante biasanya suka kalau aku sudah merapikannya. Katanya jadi tampak indah. Aku sering diminta untuk ngerapiin lemari pajangan itu. Diantara beberapa ponakannya yang lain yang juga tinggal di rumah itu, dia memilihku khusus untuk ngerapiin lemari itu dan aku menyukai tugas mulia itu.

Pernah saudara sepupuku berniat membantu dan nanya-nanya ini mau ditaroh dimana dan segala macam, aku malah merasa terganggu. Aku lebih suka mengerjakan semua itu sendiri. Menurutku itu bukan sekedar bersih-bersih dan menata barang biasa, itu adalah suatu karya seni. Bukan asal naroh barang dimana, bukan asal kelar beres2, bagiku ini butuh cita rasa seni yang tinggi.

Terus setelah bekerja aku ngekos di daerah Jakarta. Ruangannya biasanya lumayan kecil tapi selagi bisa digeser2 dan dipindah2 aku tetap melakukan dekorasi ruangan dan setelah seharian sibuk melakukan aktivitas itu, aku biasanya mandi, beristirahat sambil minum teh panas sambil memandangi hasil dekorasiku dengan perasaan bahagia dan puasšŸ˜

Suatu ketika aku merasa jenuh banget dengan rutinitas di tempat kerja. Waktu itu aku kerja di pabrik dan lagi banyak lemburan. Jam kerja dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam setiap hari nggak ada libur. Aku merasa lelah sangat dan butuh refreshing. Akhirnya aku cuti sehari dan melakukan hobiku… beres2  rumah.

Seharian aku hanya merapikan rumah, mengubah letak lemari dan Kasur, merapikan isi lemari baju,  nyusun buku2, ngelap2 kaca dan sikat kamar mandi dan segala hal yang perlu dibersihkan dan dirapikan sedetail2nya. Seharian akhirnya rumah tampak lebih rapi dan bersih dan aku senang…rasanya kebutuhan refreshingku sudah terpenuhi hanya dengan rapi2in rumah.

Setelah menikah, aku baru merasakan manfaat lebih besar dari hobi ini. Suamiku hobi dan pinter masak tapi setiap kali masak pasti berantakan banget di dapur. Aku suka beres2 rumah  tapi tak suka masak. Akhirnya kami berbagi tugas. Suami dapat tugas memasak dan aku tugasnya beres2 rumah. Hasilnya makanan enak dan rumah rapi setiap hari. Jadi hobi kami membuat kami jadi pasangan yang saling melengkapišŸ˜

No comments:

Post a Comment